Kamis, 25 Februari 2016

Tips Listrik Murah Semarang

Tips Listrik Murah Semarang
Setiap orang dianjurkan untuk melakukan hemat energi. Hemat energi akan membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. 

Hemat energi juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran biaya rekening listrik. Khususnya dalam setiap rumah tangga, mengurangi biaya rekening listrik setiap bulan bisa membantu mengurangi pengeluaran bulanan. Bagaimana cara menghemat listrik untuk kebutuhan rumah tangga? Berikut beberapa tips menghemat penggunaan enegi listrik di rumah.
Pakailah Lampu Hemat Energi
Lampu hemat energi dari jenis  dan LED (light emiting diode) menggunakan daya listrik yang jauh lebih kecil dari pada lampu filament (lampu kawat pijar) dan CFL (compact fluorescent light) untuk menghasilkan daya terang yang sama.
Matikan Alat Listrik yang Tidak Terpakai
Menyalakan alat listrik yang tidak terpakai seperti TV dan AC saat meninggalkan ruangan merupakan pemborosan daya listrik. Matikan alat-alat listrik yang tidak diperlukan. Dan cabut colokannya.
Gunakan Energi Listrik Lebih Efisien
Menyetrika pakaian sekali sehari akan lebih hemat listrik daripada menyetrika pakaian dalam jumlah yang sama dua kali sehari karena setrika listrik memerlukan energi ekstra untuk pemanasan sebelum dapat digunakan. Energi listrik yang digunakan sebuah mesin cuci untuk mencuci 5 potong pakaian tidak jauh berbeda dengan energi yang diperlukan untuk mencuci 10 potong pakaian.
Ikuti Saran Penggunaan Alat Listrik Secara Hemat
Anda sebaiknya mengetahui cara menggunakan alat listrik secara hemat energi. Contohnya sering membuka kulkas akan mengurangi efisiensi pendinginan di dalam kulkas. Membiarkan jendela terbuka pada ruang ber-AC akan mengurangi efisiensi pendinginan AC.
Pilih Alat Elektrik dan Alat Elektronik yang Memilih Fitur Hemat
Produsen alat elektrik dan alat elektronik telah didorong untuk menciptakan produk yang lebih ramah energi. Teknologi hemat energi misalnya diterapkan untuk mematikan secara otomatis TV yang dapat mendeteksi jika tidak ada yang penonton atau mematikan layar komputer setelah beberapa menit tidak digunakan.


Buka Jendela dan Gorden di Siang Hari
Membuka jendela dan gorden di siang hari akan memaksimalkan pencahayaan di siang hari sehingga mengurangi kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu di siang hari. Membuka jendela juga bermanfaat untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah sehingga anda mungkin tidak memerlukan pendingin udara atau kipas angin.
Gunakan Tangki Penampung Air
Pompa air sebaiknya tidak sering dinyalakan karena setiap kali menyalakan pompa air, diperlukan daya listrik awal yang lebih besar daripada daya listrik yang diperlukan pada operasi stabil. Jika anda menggunakan tangki penampung air, anda mungkin hanya perlu menyalakan pompa air sekali sekali untuk mengisi tangki air yang bisa digunakan seharian.
Gunakan Barang Elektronik Dengan Kapasitas Secukupnya
Pilihlah barang-barang elektronik yang kapasitasnya sesuai kebutuhan. Jika anda biasa mencuci pakaian kurang dari 5 kg, jangan membeli mesin cuci dengan kapasitas 8 kg. Jika kamar anda berukuran 3×4 meter persegi, tidak perlu menggunakan AC 2 PK.
Kurangi Penggunaan Alat Listrik
Jika anda ingin mengurangi penggunaan energi listrik, anda dapat mengurangi penggunaan alat listrik. Beberapa pekerjan yang biasa dilakukan dengan alat listrik dapat juga dilakukan secara manual. Anda dapat menghaluskan bumbu masak tanpa blender, mengocok telur tanpa mixer, mengeringkan cucian tanpa dryer, dan lain sebagainya.

==============================================================================
             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar